Columbia Asia Medan Meraih Akreditasi Paripurna

April 04, 2017


Saat ini masyarakat sudah semakin menyadari pentingnya untuk memilih pelayanan kesehatan yang terbaik. Masyarakat semakin antusias untuk mencari informasi tentang pelayanan kesehatan terbaik seperti apa yang tersedia dan berapa biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan perawatan kesehatan yang terbaik tersebut. Apabila menerima pelayanan yang dirasa kurang memuaskan, masyarakat saat ini sudah tidak ragu lagi untuk langsung menegur staf medis yang bersangkutan atau memberikan komentar maupun kritik melalui berbagai media, baik cetak, elektronik, maupun media sosial.

Untuk mengahadapi dinamika tersebut, Indonesia memiliki Komisi Aktreditasi Rumah Sakit (KARS), yaitu sebuah lembaga yang bertugas membuat perangkat standardisasi mutu pelayanan rumah sakit. KARS sebagai satu-satunya lembaga akreditasi yang diakui oleh pemerintah, telah mengembangkan standar akreditasi baru bagi rumah sakit yang memberi perhatian secara rinci dan komprehensif tentang upaya peningkatan mutu rumah sakit dan keselamatan pasien. Standar akreditasi tersebut adalah versi 2012 yang memiliki tingkatan berjenjang, mulai dari tingkat Dasar, Madya, Utama, dan Paripurna.

Rumah Sakit Columbia Asia Medan berhasil meraih Sertifikat Akreditasi tingkat tertinggi yaitu tingkat Paripurna  dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS).  
Proses penilaian KARS yang berlangsung dari 30 Nopember 2016 sampai 2 Desember 2016 dilaksanakan berdasarkan 4 standar KARS Versi 2012 yang terdiri dari:
  1. Kelompok Standar Pelayanan Berfokus pada Pasien
  2. Kelompok Standar Manajemen Rumah Sakit
  3. Sasaran Keselamatan Pasien Rumah Sakit
  4. Sasaran Milenium Development Goals
Peraihan Sertifikat Akreditasi tingkat Paripuna ini akan diikuti dengan evaluasi akreditasi setiap tahunnya oleh KARS, sehingga mutu pelayanan terus terpelihara dengan baik.
Penilaian KARS yang memberikan kelulusan tingkat Paripurna kepada RS Columbia Asia Medan merupakan suatu pencapaian yang membanggakan bagi seluruh karyawan, karena kelulusan ini diraih dengan upaya kerja keras dan semangat yang luar biasa dari seluruh jajaran rumah sakit.

Direktur RS Columbia Asia Medan, Prof dr Sutomo Kasiman, SpJP(K) mengungkapkan, “Prestasi ini adalah gambaran bagi masyarakat dimana peringkat akreditasi yang diraih tersebut menunjukkan bahwa mutu dan pelayanan yang diberikan Rumah Sakit Columbia Asia Medan sudah memenuhi standar. Tentunya pengembangan fasilitas pelayanan dan implementasi standar pelayanan secara menyeluruh harus menjadi komitmen bersama antara manajemen dan seluruh team medis serta staff Rumah Sakit Columbia Asia Medan”.

Dengan demikian RS Columbia Asia Medan mampu untuk mengantisipasi dinamika yang terjadi di kalangan masyarakat yang memiliki harapan yang tinggi akan tersedianya pelayanan kesehatan dengan standar mutu yang terbaik.
  
Tentang Columbia Asia
Columbia Asia saat ini telah mengoperasikan 32 rumah sakit dan klinik yang berlokasi di Indonesia, India, Malaysia, Vietnam, Cina, dan Afrika dengan sistem, desain bangunan dan interior yang sama di bawah naungan manajemen International Columbia USA LLC yang berpusat di Seattle, Washington, Amerika Serikat.

Di Indonesia, Columbia Asia mengoperasikan 3 rumah sakit yang berlokasi di Medan, Jakarta dan Semarang. Memiliki fasilitas pelayanan kesehatan unggulan yang menjadi referensi rekanan rumah sakit sekitar dan juga mitra rumah sakit lainnya, Rumah Sakit Columbia Asia Indonesia memberikan pelayanan  kesehatan dengan didukung fasilitas medis modern dan tenaga medis yang profesional, seperti Layanan Unit Gawat Darurat 24 Jam, Ambulans 24 Jam, Laboratorium 24 Jam, Radiologi 24 Jam, Farmasi 24 Jam, ICU, HDU, NICU, Sick Baby Ward, Pediatric Intensive Care Unit.

Rumah Sakit Columbia Asia Indonesia juga dilengkapi kamar dengan fasilitas dan pelayanan layaknya hotel berbintang, Klinik Dokter Umum, Klinik Dokter Spesialis Rawat Jalan, Endoscopy, Hemodialisa, Medical Check Up, Fisioterapi, Perawatan Sehari (Daycare), Konsultasi dengan dokter spesialis setiap hari dan berbagai fasilitas medis modern lainnya.
Salam hangat,
 
Rumah Sakit Columbia Asia Indonesia
 
Informasi lebih lanjut:
 
Management Office:
Kirana Boutique Office Blok C2 No.9
Jl. Boulevard Raya Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240
Tel. (021) 2937 5617
www.columbiaasia.com/indonesia
 
Rumah Sakit Columbia Asia – Medan
Jl. Listrik No. 2A Medan
Kode pos 20112
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
Tel. +6261 4556 368
E: [email protected]  
 
Rumah Sakit Columbia Asia – Semarang
Jl. Siliwangi No. 143 Semarang
Kode pos 50145
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Tel. +6224 762 9999
E: [email protected]   
 
Rumah Sakit Columbia Asia – Jakarta (Pulomas)
Jl. Kayu Putih Raya No.1
Pulomas, Jakarta 13210
Telp. +6221 2945 9999E: [email protected]