Manfaat Kurma Untuk Berbuka Puasa


Kurma merupakan jenis buah yang bisa tumbuh sepanjang tahun. Umumnya, buah ini sering dipanen pada musim gugur atau awal musim dingin di negara asalnya. Karena pada musim dingin buah ini berada pada kondisi paling segar.
 
Kurma mengandung karbohidrat sederhana seperti gula, sukrosa dan frutoksa. Sekitar 70% kandungan pada kurma adalah karbohidrat. Dalam 100 gram kurma[a1]  juga mengandung 7gram serat, 2gram protein, 20% kebutuhan kalium harian, 14% kebutuhan magnesium harian, 18% kebutuhan tembaga, 15% kebutuhan mangan, 5% kebutuhan zat besi harian dan 12% kebutuhan vitamin B6 harian.
 
Manfaat Kurma bagi Kesehatan
  1. Tinggi Serat
membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah terjadinya konstipasi, sehingga memperlancar buang air besar
  1. Mengandung Banyak Antioksidan
Terdapat tiga jenis antioksidan utama yang ada pada kurma yaitu flavonoid, carotenoid dan asam fenolat. Ketiganya merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit seperti Alzheimer, kanker dan penyakit jantung
  1. Sumber Gula yang Baik
Kurma memiliki rasa manis yang alami sehingga bisa digunakan sebagai alternatif pemanis dalam makanan ataupun minuman. Kandungan gula pada kurma bagus untuk memperbaiki kadar gula darah yang menurun akibat puasa, sehingga tubuh kembali berenergi
  1. Sumber Mineral
Kurma banyak terdapat kandungan potassium dan magnesium. Potasium berfungsi untuk membantu kerja sel, jaringan, dan organ dalam tubuh. Sedangkan magnesium berguna untuk membantu proses produksi energi, berperan dalam pembentukan struktur tulang dan juga dalam pembentukan DNA.
  1. Mencegah Anemia
Kandungan zat besi pada kurma dapat mencegah anemia, meningkatkan energi, serta mengurangi perasaan lelah dan lesu.
 
Dikutip dari Internasional Journal of Food Sciences and Nutrition, Kurma memiliki banyak manfaat, kaya akan nutrisi sehingga sangat baik mengkonsumsi kurma ketika berbuka puasa, karena kurma membantu mendapatkan kembali energi yang hilang dan sangat baik dimakan sebelum berbuka puasa untuk membantu menghindari makan yang berlebihan. Akan tetapi, kurma yang saat ini dijual di pasaran merupakan bentuk yang dikeringkan dan lebih tinggi kalori dibandingkan bentuk segar, sehingga kurma sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah tidak berlebihan.
Di review oleh dr. Felicia SP.GK dari RS. Columbia Asia Pulomas
 
Referensi:
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-kurma-untuk-kesehatan/
https://www.halodoc.com/menjelang-puasa-ini-4-manfaat-kurma-bagi-kesehatan-yang-wajib-diketahui
https://www.sehatq.com/artikel/7-manfaat-kurma-untuk-kesehatan-dan-resep-mudah-mengolahnya
https://www.halodoc.com/kurma-baik-untuk-menu-berbuka-puasa-ini-bukti-ilmiahnya

 [a1]Dalam 100 gram kurma