Tips Mengatasi Sariawan Pada Anak?

 
Sahabat #RSColumbiaAsia, tips mengatasi sariawan pada anak Anda. Anda harus mengetahui apa yang menjadi penyebabnya dan bagaimana untuk mengatasinya.
Jangan cepat panik, jika si kecil tiba-tiba tidak nafsu makan dan menolak makan, bisa saja dikarenakan adanya sariawan di mulutnya. Coba perhatikan apakah ada bulatan berwarna putih atau kuning di gusi, bibir atau pipinya.
 
Cara Mengatasi Sariawan Pada Anak
Sariawan pada anak bisa hilang dengan sendirinya sekitar 7-10 hari, paling sering terjadi sariawan berlangsung bisa selama 3-4 hari. Tetapi jangan tunggu sampai dengan hilang sendirinya. Karena sariawan dapat membuat mulut anak Anda menjadi sangat perih. Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sariawan pada Anak:
  1. Kompres sariawan dengan es batu karena sensasi dingin dapat membuat sariawan menjadi mati rasa.
  2. Berikan makanan yang bertekstur lembut dan bersuhu dingin, contohnya es krim
  3. Berikan anak Anda minuman dengan jumlah sedikit namun sering untuk membasahi rongga mulut dan mencegah Anak Anda dehidrasi.
  4. Jangan memberikan makanan yang terlalu panas atau asam
  5. Manfaatkan asi, bayi jika anak Anda di bawah enam Bulan, air susu Ibu (ASI) merupakan obat terbaik untuk sariawan
  6. Menggunakan sendok atau gelas. Jika anak Anda masih bayi, gerakan menyedot susu bisa saja membuat luka sariawan terasa nyeri. Sebagai gantinya Anda bisa memeras ASI kemudian memberikannya kepada bayi Anda menggunakan sendok khusus bayi ataupun pipet.
  7. Tingkatkan asupan nutrisi, meningkatkan asupan gizi dan vitamin dapat membantu dalam mempercepat penyembuhan sekaligus mencegah sariawan. Mulai dari asam folat, vitamin, B2, B5 dan C
  8. Berikan makanan yang lunak. Seperti bubur atau oatmeal.
  9. Menjaga kebersihan gigi anak. Rutin menggosok gigi minimal dua kali sehari. Karena kondisi mulut yang tidak bersih bisa memperparah kondisi sariawan.
Mari Sahabat #RSColumbiaAsia jika sariawan anak Anda tidak membaik lebih dari 2 minggu atau bahkan demam, Anda bisa berkonsultasi dengan Dokter di RS Columbia Asia agar mendapatkan penanganan yang tepat.
Telah direview oleh dr.Lidya Diah Wulandari Sidharta, SpA dari RS.Columbia Asia Semarang
Referensi:
https://www.alodokter.com/penyebab-dan-cara-mengatasi-sariawan-pada-bayi
https://www.sehatq.com/artikel/cara-mengatasi-sariawan-pada-bayi
https://www.halodoc.com/penyebab-dan-cara-mengatasi-sariawan-pada-bayi