Tips Mengurangi Bau Mulut Ketika Berpuasa

Sahabat #RSColumbiaAsia
Bau mulut menjadi salah satu masalah yang sering dialami banyak orang. Saat berpuasa, mulut memang cenderung kering karena Anda tidak mengonsumsi air. Kekeringan mulut tersebut menyebabkan bau tidak sedap. Meski bau mulut saat puasa adalah hal yang sangat wajar, namun tidak jarang bau mulut membuat kita tidak merasa percaya diri terutama saat harus bicara dengan orang lain.
1.            Perbanyak konsumsi air putih saat sahur dan berbuka. Salah satu penyebab bau mulut selama puasa adalah dehidrasi. Saat puasa, produksi air liur dalam mulut akan berkurang. Padahal air liur dalam mulut berfungsi untuk menjaga keasaman serta pH sehingga bakteri tidak banyak berkembang biak dan menyebabkan bau mulut.
2.            Sikat gigi secara rutin, minimal dua kali sehari. Bersihkan lidahmu, gunakan mouthwash non-alkohol serta manfaatkan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan. Bersihkan mulut Anda secara maksimal agar tidak ada bakteri yang bersarang lagi.
3.            Hindari makanan beraroma tak sedap seperti jengkol, pete, atau makanan lain yang berbau kurang sedap, tentu akan berpengaruh ke aroma mulutmu. Hindari juga makanan lengket yang berpotensi untuk terus menempel di gigi dalam jangka waktu lama, mungkin pula menjadi busuk, yang akhirnya menyebabkan bau mulut.
 
Sahabat #RSColumbiaAsia sudah tahu kan sekarang cara mengurangi bau mulut, selamat menerapkan ya..
 
Artikel ini di review Drg. Dian Anggraini, Sp.PM dari Rumah Sakit Columbia Asia Pulomas