Di Colombia Asia Hospital Tak Perlu Lagi Baypass

October 10, 2018


Penderita jantung coroner yang divonis harus melakukan operasi baypass, kini tak perlu lagi. Karena Rumah Sakit Colombia Asia Hospital, Johor Bahru, Malaysia, telah menemukan teknologi canggih, untuk menghindari operasi yang syarat resiko tersebut.

Teknologi itu dengan memasukkan pen atau ring yang begitu tipis dan mengandung obat, untuk “mengusir” lemak menumpuk di dalam pembuluh darah.

“Tak perlu lagi baypass, dengan teknologi ini kita bisa hindari operasi itu,” terang dr. Danan Umadevan MD (USM), MRCP (UK), spesialis jantung di RS Colombia Asia kepada sejumlah wartawan, Kamis (4/10/2018).


Menurutnya, langkah awal yang diambil yakni dengan memasukkan selang mikro kedalam pembuluh darah. Selang itu akan menditeksi lokasi-lokasi penyempitan dan penyumbatan. “Saat berada di lokasi penyempitan, maka selang akan kita kembangkan, sehingga lemak yang menumpuk akan mengepet,” paparnya. Nah, setelah aliran menjadi lebih besar maka pen atau ring elastis denganketebalan 60 mc, dimasukkan untuk menyanggah lokasi tersebut agar tidak menyumbat lagi. “Pen (ring) ini pun anti karat dan mengandung obat, sehingga lemak tak akan kembali menumpuk, dan pen juga tak akan bergerak,” sebutnya.

Bicara masalah harga, dr Danan mengatakan, biayanya jauh lebih ringan dibanding operasi baypass.

So bagi anda yang mengalami sakit jantung, baik yang sudah kronis maupun baru gejala, tak ada salahnya berobat di RS Colombia Asia Johor Baharu, Malaysia.(bosanto)

Artikel ini disiarkan oleh Batampro.id – 4 Oktober 2018.

Click for Online Article: